Thursday, January 26, 2012

PERTENGKARAN ORANG TUA DI HADAPAN ANAK


Dalam beberapa kasus, pertengkaran orang tua merupakan hal yang wajar, karena seperti yang kita ketahui selalu ada konflik dalam sebiah hubungan apalagi rumah tangga. Konflik-konflik sepele akan mudah tercetus, namun akhirnya akan mudah mereda juga. Namun perlu dikhawatirkan juga apabila penyebab pertengkaran orang tua adalah adanya pihak lain.

Pertengkaran orang tua menyebabkan berbagai kasus terhadap perkembangan anak. Terutama apabila anak masih berusia dini. Kadang orang tua tidak menyadari bahwa pertengkaran yang mereka lakukan menyebabkan anak merasa takut dan tidak nyaman. Bahkan tidak jarang karena pertengkaran terhadap pasangannnya, orang tua tidak sadar telah melampiaskan kemarahannya pada anaknya. Sebagai anak pun tidak akan bisa mengikuti alur pertengkaran yang diciptakan orang tua. Namun terkadang orang tua juga secara langsung mengajak anaknya untuk memihak, tak heran hal inilah yang membuat anak merasa tertekan.
Sebagai seorang anak, memang disarankan untuk berperilaku netral. Atau jika memang sudah memiliki pendapat, keluarkan pendapat kalian dengan cara baik-baik dan di saat yang tepat pula. Meskipun banyak sekali orang tua yang menganggap anak kurang ajar dan bersikap menggurui apabila diberi nasihat. Sebagai anak, kalian juga bisa mengutarakan isi hati kalian dengan cara yang baik. Apa yang kalian rasakan saat mendengar dan melihat pertengkaran orang tua.
Namun terdapat beberapa kasus, di mana sang anak menjadi broken home karena seringnya pertengkaran yang terjadi di rumah. Anak dapat beralih ke tempat yang seharusnya tidak dikunjungi. Banyak anak muda terjerat kasus pergaulan bebas akibat tidak tahan dengan keadaan rumah. Namun semua itu tergantung dari kekuatan anak dan kesadaran orang tua.
Meskipun memang sangat menakutkan saat kita menghadapi suasana panas akibat pertengkaran di rumah. Namun sebagai anak kita wajib memaklumi apabila pertengkaran memang disebabkan hal yang sepele. Tetap jalani apa adanya dan jangan terlalu mencampuri urusan orang tua.

Semoga orang tua kalian cepat akur ya :D