Wednesday, July 17, 2013

Kuku : Pengingat Kondisi Kesehatan Tubuh


Tahukah kalian bahwa selain berfungsi sebagai pelindung jari, alat penggaruk dan pelengkap kecantikan terutama bagi wanita. Kuku juga merupakan alat indikator penyakit yang ada di tubuh kita. Bagaimana cara kerjanya? Kuku kita akan menunjukkan warna dan bentuk tertentu saat kita sedang mengalami suatu gangguan atau penyakit. Berikut ini beberapa gejala bagi beberapa penyakit.




 


Kuku Kuning
Keadaan yang paling umum saat kuku berwarna kuning adalah adanya infeksi jamur. Semakin meningkatnya infeksi maka kuku akan semakin tebal dan rapuh. Selain itu, kuku yang berwarna kuning juga menunjukan adanya gangguan kesehatan lain yang jauh lebih serius yakni penyakit kuning, seperti kulit dan mata, kuku juga dapat menjadi indikasi adanya penyakit kuning. Kuku kuning juga menandakan bahwa seorang perokok sudah melewati batas kemampuannya (perokok berat). Selain itu kuku kuning juga merupakan pertanda bagi penderita penyakit tiroid, paru-paru dan diabetes.


Kuku Pucat Putih
Kuku yang berwarnah putih dan pucat terkadang merupakan tanda penuaan. Namun ada beberapa penyakit yang perlu diwaspadai pula terkait dengan kuku dengan warna tersebut, yakni anemia, gagal jantung atau gizi buruk. Sedangkan apabila kuku berwarna putih dengan setengah bagian di ujung atasnya berwarna merah atau coklat (gelap), dapat menjadi gejala suatu penyakit hati salah satunya hepatitis.


Kuku Biru
Kuku berwarna biru atau kebiru-biruan secara alami (gak pake kutex lho ya) mungkin suatu tanda bahwa tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Keadaan kekurangan oksigen ini disebut Cyanosis. Hal tersebut juga mengindikasi adanya infeksi pada paru-paru, penyakit arteri perifer atau beberapa masalah sirkulasi yang lain. Selain itu kuku juga bisa berubah warna menjadi biru apabila sedang kedinginan atau stress, atau bisa jadi merupakan reaksi tubuh terhadap obat-obatan yang dikonsumsi. Apabila ada sedikit warna biru di pangkal kuku bisa merupakan tanda penyakit diabetes atau kurang beresnya sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung.


Kuku Kasar
Apabila permukaan kuku berkerut dan berbunyi saat diadu ini merupakan tanda awal dari inflasmasi arthritis. Selain itu timbulnya bintik-bintik (lubang-lubang kecil yang samar) tak beraturan (tetap disertai dengan kuku yang kasar) juga menandakan adanya penyakit psoriasis (penyakit kulit kronis), gejala tersebut juga disertai dengan perubahan warna kuku yang terlihat merah kecoklatan atau radang sendi. Bila kekasaran kuku terlihat dengan adanya kerutan horizontal dan kuku tampak kusam, itu merupakan tanda kurang gizi atau gejala penyakit campak, cacar air, gondok, jantung, serta kondisi lain seperti sindrom Reynaud (kejang pada urat jari tangan dan kaki akibat kediginan)


Kuku Bergaris Hitam
Kuku dengan garis hitam di tengah kuku perlu diperiksa secepat mungkin. Terkadang hal tersebut merupakan peringatan adanya penyakit melanoma yang menjangkiti tubuh. Melanoma adalah jenis kanker kulit yang paling berbahaya.


Perubahan Bulan Kuku
Bagian yang berbentuk seperti bulan berwarna putih di pangkal kuku disebut dengan Lunula atau Bulan Kuku. Beberapa perubahan yang dapat menjadi penanda kondisi kesehatan yaitu:
  • Bulan kuku berwarna biru (Azure Lunula), dapat menjadi penanda adanya penyakit Wilson, penyakit hati degeneratif di mana terjadi peningkatan tembaga di dalam hati. 
  • Bulan kuku berwarna merah, dapat menjadi pertanda adanya penyakit gagal ginjal.
  • Bulan kuku berwarna kuning, menunjukan bahwa seseorang mengkonsumsi tetrasiklin.
  • Bulan kuku berwarna biru abu-abu merupakan tanda seseorang keracunan perak. 
  • Bulan kuku berwarna hitam atau coklat, menandakan berlebihnya asupan fourit.

Pembekakan Kulit di Sekitar Kuku
Apabila kulit yang ada disekitar kuku berwarna merah dan bengkak, merupakan suatu peradangan yang menunjukan adanya penyakit lupus dan gangguan jaringan ikat

Itu tadi beberapa tanda penyakit yang ditunjukan melalui penampakan kuku kita. Sebenarnya masih banyak lagi gejala penyakit yang tampak dari kuku. Namun meskipu begitu, tanda-tanda di kuku tersebut tidak selalu merupakan tanda suatu penyakit, ada juga karena kurang terawatnya kebersihan kuku dan sebagainya. begitu pula setiap penyakit yang tercantum tidak selalu ditandai dengan perubahan pada kuku. Jadi tetap waspada dan jaga kesehatan kalian ya. Karena kesehatan sangat mahal harganya.