Tuesday, January 3, 2012

INSOMNIA, Penyakit Anak Muda?


Kenapa saya katakan bahwa Insomnia adalah penyakit anak muda? Karena dapat dipastikan lebih dari 50% para remaja sampai dewasa awal mengalami kelainan tidur ini. Teman-teman (dan termasuk saya sendiri) pasti tidak asing lagi dengan pengalaman insomnia bukan? Pasti banyak di antara kalian pernah mengalami insomnia. Namun tidak seperti yang kalian pikirkan, bahwa jika kita tidak dapat tidur dalam satu malam saja kita sudah disebut terkena insomnia. Tidak sesimple itu ternyata gejala atau ciri-ciri seseorang mengalami insomnia. Yaah... sekedar share pengetahuan aja sih,  berikut ini akan saya berikan pengertian ilmiah tentang apa sih sebenarnya Insomnia itu.


Menurut informasi yang saya baca dari satu sumber, Insomnia adalah gejala kelainan dalam tidur berupa kesulitan berulang untuk tidur atau mempertahankan tidur walaupun ada kesempatan untuk itu. Tapi kadang seseorang sulit tidur hanya karena badan dan otaknya belum lelah. Orang yang pola tidurnya terganggu dapat mengalami irama tidur yang terbalik, mereka tertidur bukan pada waktunya tidur dan bangun pada saatnya tidur.
Sebenarnya terdapat beberapa penyebab yang dapat mempengaruhi pola tidur kita, mulai dari jet lag (perbedaan waktu saat berpergian), beraktivitas di malam hari, penggunaan alkohol, efek samping mengkonsumsi obat, kelainan atau penyakit pada otak, dan lain-lain. Selain beberapa faktor tersebut, insomnia juga dapat disebabkan oleh adanya gangguan atau permasalahan psikologis yang sudah cukup parah. Jadi kalo kalian lagi berantem sama pacar, terus malemnya kalian gak bisa tidur, itu namanya bukan insomnia. Kecuali kalo kalian beranggapan bahwa bertengkar dengan pacar itu bisa bikin sakit jiwa :D. (abisnya anak muda jaman sekarang suka lebay sih -_-)
Gejala dan ciri-ciri penderita insomnia itu banyak, bukan sekedar gak bisa tidur aja. Antara lain, terdapat gangguan siklus tidur, kesulitan untuk memulai dan mempertahankan tidur, atau tidur tidak menyegarkan paling tidak satu bulan lamanya, kelelahan di siang hari.
Nah kan, itu gejala dan tanda-tandanya ... Apakah kamu termasuk dalam kategori orang yang sulit tidur berturut-turut selama satu bulan atau lebih? Jika iya, berarti itu memang benar adanya kamu sedang mengalami insomnia. Kalo udah gitu mending cepet-cepet di sembuhin deh. Caranya?
Ada sih beberapa terapi, tapi kudu dijalanin bener-bener, kalo gak sungguh-sungguh gak bakal tercapai cita-cita kalian buat lepas dari jeratan insomnia. Ini beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan, sistemnya seperti diet nih, kalo berhenti di tengah-tengah jalan bakal balik lagi ke awal. Simak baik-baik yah :D :

    • Coba bangun di waktu yang sama tiap pagi. Bantu aja pake alarm kalo emang gak bisa bangun sendiri.
    • Yang paling penting, jangan menggunakan obat-obatan untuk menghilangkan insomnia. Karena obat tersebut justru membuat kita jadi ketergantungan dan tersugesti bahwa tanpa obat, kita tidak akan bisa tidur.
    • Sebisa mungkin hindari tidur di siang hari, apalagi hanya untuk sekejap.
    • Olah raga teratur merupakan cara ampuh untuk mengurangi gangguan tidur. Yang jelas olah raganya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. :D
    • Kalo udah di atas tempat tidur, jangan sering-sering melakukan aktivitas (seperti main HP, laptop, dll). Karena hal ini dapat menjadi kebiasaan dan menyebabkan jam tidur terus berkurang karena aktivitas tersebut. Jadi gunakan tempat tidurmu hanya sebagai tempat untuk tidur. Hal ini akan membuatmu cepat terlelap saat berada di tempat tidur.
    • Kalo bisa sih sekitar setengah atau satu jam sebelum tidur, usahain buat berendam terlebih dulu di air hangat. Karena memang mandi air hangat itu dipercaya menimbulkan sensasi lelap saat tidur.
    • Perhatikan pola makan juga. Harus teratur. Jangan biasakan makan di malam hari, karena bisa menjadi kebiasaan dan menimbulkan penyakit baru, NES (Night Eating Syndrome). Makanan yang terlalu banyak juga akan menyebabkan perut jadi gak nyaman. Jelas banget kan kalo makan di malam hari itu bakal mengganggu tidur kita?
    • Relaksasi otot sebelum tidur. Alias mulet. Percaya gak percaya sih, tapi jujur nih ya, tiap aku abis mulet pasti bawaannya ngantuk. Hehehe :p
    • Kalo bisa tidurlah dalam kondisi senang atau gembira, karena ternyata kondisi psikis seseorang dapat mempengaruhi tingkat kepulasan tidur. Kalo tidur kita pulas, pasti saat bangun tidur badan kita terasa fit dan segar. Bener kan ? :D. Selain gembira, buatlah keadaan kamar kamu sebelum tidur itu menjadi senyaman mungkin. Matikan lampu, matikan segala suara-suara yang dapat mengganggu kenyamanan tidur.
    • Kurangi konsumsi teh dan kopi, karena sifatnya yang dapat membuat kita tahan untuk terjaga. Apalagi rokok dan alkohol, sudah bikin kita sulit tidur, secara ‘kita sadari’ kedua hal tersebut juga membunuh konsumen secara perlahan kan.
    • Jernihkan pikiran, biasakan mendengarkan musik yang dapat membuat pikiran bersih. Jangan dengerin lagu-lagu galau dan sejenisnya, atau lagu metal yang cuma bikin telinga sebah. Musik jazz, blues, country, dan sejenisnya itu bisa membantu tidur anda menjadi lebih nyaman. Tapi tetep gak pake lirik galau!!
    • Konsumsi makanan yang mengandung protein. Karena dalam protein terdapat asam amino tryptophan yang berperan untuk meningkatkan kualitas tidur. Beberapa makanan yang diketahui merupakan sumber protein dengan kandungan asam amino tryptophan yang tinggi adalah susu, coklat, pisang, daging, kacang-kacangan, keju, dan lain-lain. Tapi terlalu banyak mengkonsumsi itu semua juga tidak baik. Jadi tetep dibatasin ya :D.

    Nah sekian dari informasi yang dapat saya sampaikan ke teman-teman, semoga bermanfaat nih ya. Semoga setelah membaca dan menerapkan penjelasan di atas kita semua bisa tidur dengan nyenyak sesegera mungkin :D
    maap kalo ada kata-kata yang menyinggung perasaan teman-teman nih, karena semua itu tak luput dari unsur kesengajaan :p :D. Wassalam.



    referensi : beberapa sumber di internet dan rekan :D


    Ini nih ada salah satu orang yang berhasil menerapkan cara-cara di atas. dan alhamdulillah dia sekarang bisa tidur puleeesss banget tiap malem :D hahahah :p 

    peace adek sayang :p