Sunday, January 1, 2012

Great Barrier Reef, Australia

GREAT BARRIER REEF, AUSTRALIA

 

Tempat satu ini nih yang paling cocok buat para penyelam. Apa aja sih kelebihannya, yang pasti gak cuman indah dan banyak spesies di dalamnya. Namun tempat ini juga memiliki kekhasan sendiri. Jadi sebelum berangkat kesana, kalian terutama para pecinta diving, baca dulu artikel satu ini ....YuUUUUkkk !!!
Salah satu keajaiban dunia yang luar biasa, Great Barrier Reef yang tak tertandingi ketika datang ke kekaguman alam dan kemegahan. Ada beberapa cara untuk melihat dan menjelajahi Great Barrier Reef, tetapi untuk yang profesional, salah satu caranya menyelam. Great Barrier Reef terkenal sebagai tempat sentral untuk mengamati kehidupan air kaleidoskopik.
Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Great Barrier Reef berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia hingga masuk ke perairan Papua Newguinea. Sebagian besar wilayah karang ini termasuk bagian yang dilindungi oleh Great Barrier Reef Marine Park. Karena kekayaan biodiversitasnya dengan perairannya yang hangat dan jernih membuat karang ini menjadi tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba.
Beberapa ilmuwan Australia menyatakan bahwa mereka telah menemukan kehidupan laut prasejarah yang aneh pada ratusan kilometer di bawah “Great Barrier Reef”.
Berbagai makhluk purba seperti ikan hiu, ikan raksasa yang mengandung minyak ikan, kumpulan hewan berkulit keras, dan spesies cumi-cumi primitif yang hidup di dalam tempurung yang disebut nautilus merupakan habitat yang menghuni Great Barrier Reef.​
Karang Penghalang Besar (KPB) dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, ia terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral (coral polyp). KPB dipilih sebagai sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1981.
Nah, itu masih sekilas penjelasan tentang Great Barrier Reef. Aku yakin kalian pasti tertarik buat tau lebih lanjut tentang sekumpulan terumbu karang ini kan?
Kalo bisa sih datang kesana aja, ntar kalo udah balik lagi ke Indonesia share pengalaman kalian ke aku. Atau aku sekalian diajak. Hihihihi ....hmmm
ini nih teman-teman beberapa gambar yang membantu kita membayangkan seperti apa keindahan super dari Great Barrier Reef ini.

Fotonya aja buagus banget gini yaa. Gimana aslinya??
XD

4 comments: