Monday, January 2, 2012

Tips Hidup Bahagia (ala Gue)

 
sebelum saya memasuki sesi pemberian tips, saya ingin mengucapkan beberapa kalimat untuk teman-teman tersayang.. yak.yak.yak ..ini dia !!!

Selamat Tahun Baru
HAPPY NEW YEAR ! :D

Pasti tiap tanggal 1 Januari datang, banyak doa-doa yang tertulis, terucap, maupun tersirat dari tiap manusia. Yang doanya berharap lebih baik daripada tahun sebelumnya, rejeki dilancarkan, jodoh dipertemukan, cepet dapat pacal (hahaha ..gue banget!), dan lain-lain.
hmmm .... salut banget buat yang udah bisa melewati hari-hari di tahun 2011 dengan tenang. Semoga ke depannya setiap umat-Nya diberi kebaikan dan ingatan untuk selalu bersyukur. Amiinn ...
Sayang sekali, ada kabar buruk yang beredar mengenai apa saja yang akan terjadi di tahun 2012 ini. Berita buruk yang diramalkan bahkan sempat dan masih membuat orang-orang di seluruh penjuru dunia merasa was-was dan khawatir.
Tapi jangan terlalu terlarut dengan berita yang jelas-jelas tidak akan benar adanya itu. Tetap tingkatkan taqwa aja supaya kita tidak percaya dengan ramalan-ramalan yang membuat gundah gulana itu. Hahahaha ...


Baiklah usai sudah kalimat saya. #LHO ! Tipsnya mana ???
Hahaha ..
OK.OK. Sabar ...
Kali ini saya ingin berbagi beberapa tips untuk teman-teman. Tips apa ?? hahaha ..
tips agar hidup kita jadi bahagia di tahun yang (yah anggap saja akan menjadi ...) bahagia (amiiiin :D)
Oke langsung aja yah .
ini nih ...


Tips pertama.  Health Maintenance.
Kesehatan merupakan hal yang wajib kita perhatikan. Sebab banyak orang meninggal dunia dengan kasus yang berbeda-beda namun yang paling banyak adalah kasus yang ditimbulkan penyakit. Kurang menjaga kesehatan sangat berpengaruh terhadap proses kelangsungan hidup. Gara-gara kesehatan terganggu, kita jadi gak bisa ngapa-ngapain, gak bisa kerja, gak bisa sekolah, gak bisa kuliah, gak bisa beraktivitas. Gara-gara kesehatan terganggu, kita jadi musti repot bolak-balik rumah sakit atau dokter buat berobat, karena berobat itu pula, duit kita jadi berkurang dan berkurang. Kalo udah kayak gini yang repot kan bukan hanya yang sakit kan? Orang lain juga pasti terganggu karena kita yang sakit-sakitan. Terutama orang tua, kan kasihan kalo mereka terbebani sama keadaan kita yang seperti itu. Kalo udah nyangkut ngerepotin orang tua, hidup kita pasti lebih gak tenang lagi. Ya kan? Betul kan?

Kedua. Emotional Control.
Tau gak? Emosi yang tak terkendali hanya akan merugikan diri sendiri. Selain menyebabkan energi kita terkuras, kita akan dicap tidak kuat mental dan tidak dewasa. Sebenarnya banyak banget lho cara buat mengendalikan emosi, seperti menarik nafas dalam-dalam dan mengeluarkannya secara perlahan, mengucapkan istighfar, dan beraktivitas positif. Orang-orang yang terlatih dalam mengendalikan emosi pasti dapat meraih kenyamanan dalam proses hidup. Karena emosi sangat berpengaruh pada kualitas dan hasil kerja maupun belajar kita. Kalo kita emosi saat mengerjakan tugas, masak iya sih kita bakal konsen ke tugas kita aja? Pasti yang kita kerjakan nantinya jadi kacau balau (A.K.A k a c a u b a l a u). Sebaliknya, emosi yang terkendali itu dapat berdampak baik kepada hidup kita. Kalo kita dapat menjaga emosi, pasti tingkat kepercayaan diri kita, terutama dalam hal pergaulan, akan meningkat. Karena apa? Karena pada umumnya banyak orang yang takut berteman sama orang yang emosian. Hahahaha :D

Ketiga. Positive Thinking.
Sikap yang baik itu muncul dari pikiran yang baik pula. Pikiran yang postif merupakan unsur yang terpenting dalam pembentukan karakter kehidupan kita. Jika kita dapat berpikir positif, maka masalah-masalah yang datang kepada diri kita akan terselesaikan satu-persatu. Jika kita dapat berpikir positif, maka kita akan memiliki pandangan yang baik pula dalam setiap hal. Bukan berarti kita tidak boleh curiga terhadap sesuatu. Namun yang dimaksudkan positive thinking dalam hal ini adalah, coba lihat dari sisi baiknya. J. Bukankah benar begitu teman-teman?

Keempat. Be A Grateful Person.
meskipun kelihatannya susah tapi bahagia kan hidupnya :D
Disadari atau tidak, kebanyakan dari kita seringkali merasa sedih dan menderita, akibat hobi berkeluh kesah. Celah negatif dan keburukan lebih mudah nampak daripada kebaikan. Keluh kesah memicu rasa pesimisme, dan rasa pesimisme memicu terjadinya kegagalan. Siapa coba yang mau gagal dalam hidup?
Nah, untuk menghilangkan keluh kesah dalam diri kita, maka gantilag keluhan itu dengan ucapan syukur. Mau mendapat kebaikan, mau mendapat keburukan, kita harus tetap bersyukur. Karena tiap kejadian pasti ada kebaikan yang dapat dipetik (ambil hikmahnya). Misalnya nih ya, kalo kamu jalan terus tiba-tiba tersandung batu di depan sampai jatuh, maka tetaplah bersyukur. Karena secara gak langsung kamu sudah diingetin buat gak ceroboh. Sepele sih, tapi coba deh, setiap kejadian yang kamu alami kasih ucapan syukur dengan ikhlas, dijamin sifat bersyukurmu itu akan mengantarkan pada hidup yang bahagia :).


Kelima. Face The Future.
Hadapi masa depan. Persiapkan dengan matang apa saja yang harus dilakukan untuk mencapai masa depan yang baik dan gemilang (hahaha ..lebay yah?). hadapi masa depan, bukan berarti kita gak boleh nengok ke belakang. Justru masa lalu di sini sangat diperlukan, karena gak dipungkiri, tiap orang yang “NORMAL” pasti belajar dari pengalamannya di masa lalu. Bego banget kalo kita ingin mencapai sesuatu yang pernah gagal, namun dengan cara yang sama seperti masa lalu. Kegagalan masa lalu itu merupakan pelajaran bagi kita guna memperbaiki masa depan. Buat temen-temen yang ngaku masih polos nih (yang gak punya pengalaman apa-apa.. :p) jangan takut gak ada yang bisa dibuat bekal. Kalian bisa belajar dari pengalaman orang lain juga kok. Masa depan itu jangan pernah ditakutin, karena kalo kita takut sama apa yang terjadi selanjutnya, kapan kita bisa melangkah lebih ke depan?

Aku pernah dapat kalimat bagus nih dari seseorang :
“Orang bodoh tidak belajar dari pengalaman.
Orang pandai belajar dari pengalamannya sendiri.

Orang cerdas belajar dari pengalamannya sendiri dan pengalaman orang lain.”

Itu tadi tips agar kita dapat hidup bahagia. Selamat mencoba. Semoga hidup kita lebih bahagia di tahun 2012 ini. Amiin.

THANK’S FOR READING :)

4 comments: