Thursday, January 26, 2012

CERDAS mulai dari hal sederhana : KONSUMSI



Otak merupakan pusat segala kegiatan entah psikis maupun fisik yang kita lakukan. Segala macam tindakan, pikiran, perasaan, dan perkataan semuanya dikendalikan oleh OTAK. Kesehatan otak sangat berpengaruh pada tingkat kecerdasan seseorang. Jika otak sedang sakit, maka secara otomatis kecerdasan seseorang akan menurun.

Saya yakin di antara kita gak ada yang mau terlihat tidak punya akal di depan orang lain. Karena tidak dapat dipungkiri, bahwa orang cerdas memiiki banyak akal dan ide meskipun ia tidak mengerti akan sesuatu. Yah, salah satu usaha untuk meningkatkan kesehatan otak adalah dengan mengatur konsumsi kita. Konsumsilah makanan-makanan yang cerdas agar memiliki otak yang cerdas pula. Tapi apa aja ya makanan-makanan cerdas itu? Yang jelas makanan cerdas adalah makanan yang mengandung banyak antioksidan. Just Check This Out!


Kerang atau Tiram

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kerang laut atau tiram ini sangat bermanfaat bagi kesehatan otak. Kerang laut memiliki banyak mineral dan zat besi yang berperan dalam menjaga ketajaman daya ingat dan kemampuan mengingat serta menangkap informasi. Kekurangan mineral dan zat besi dapat mengakibatkan penyimpangan memori, konsentrasi yang buruk, dan berbagai macam penyakit dalam tubuh.


Rempah-rempah

Seperti yang kita ketahui, rempah-rempah sangat beragam dan pasti memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, terutama otak kita. Rempah-rempah yang mengandung banyak antioksidan membantu melawan penuaan otak, memelihara fungsi kognitif, dan melawan kerusakan yang terjadi akibat adanya radikal bebas.

Buah Berry

Banyak buah berry seperti blueberry, blackberry, raspberry, dll mengandung antioksidan dan sangat baik untuk meningkatkan kesehatan otak. Bahkan penelitian membuktikan bahwa buah berry ini dapat membantu mengembalikan efek penuaan pada otak. Buah berry juga sangat efektif dalam membantu meningkatkan daya ingat.

Kacang dan Biji-bijian

Kacang atau biji-bijian merupakan sumber vitamin E. Makanan ini sangat penting untuk otak kita dalam mencegah penurunan fungsi kognitif.

Sayuran Hijau

Seperti yang kita ketahui bahwa manfaat mengkonsumsi sayur-sayuran sangat banyak. Keistimewaan yang terletak pada sayur-sayuran berdaun hijau adalah penuhnya kandungan vitamin B6, B12, folat dan zat besi. Aktif mengkonsumsi sayur-sayuran ini menyebabkan ingatan kita menjadi tajam dan mengurangi tingkat homocystein (penyebab lupa dan penyakit Alzheimer).

Ikan

Saya sering sekali diingatkan oleh orang tua untuk mengkonsumsi ikan. Baik ikan air laut maupun ikan air tawar. Karena benar sekali, ternyata ikan memiliki manfaat yang tiada tara dalam kesehatan otak manusia. Ikan mengandung Omega-3, yang manfaatnya sangat banyak.
Omega-3 merupakan asam lemak yang melapisi neuron. Omega-3 membantu membuka peluang lebih banyak bagi Oksigen untuk masuk ke otak, sehingga seseorang dapat menangkap informasi baru dan mengingat informasi lama sekaligus.

Cokelat

Minum cokelat panas setiap hari, selain lezat, coklat sangat bergizi untuk otak. Para ilmuwan telah membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang ditemukan hanya dalam dua atau tiga sendok makan bubuk coklat itu lebih kuat dari antioksidan yang ditemukan dalam makanan lain, seperti teh hijau atau anggur merah. Antioksidan utama yang ditemukan di kakao, yang dikenal sebagai flavonol, penting untuk membantu meningkatkan aliran darah ke otak.

Teh hijau dan Teh hitam

Minum teh yang baru diseduh juga baik bagi otak Anda karena teh memiliki antioksidan kuat, terutama pada kandungan catechines yang dapat mendorong aliran darah agar tetap sehat.


Pada mau cerdas semua kan? Jadi jangan sia-siakan waktu untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang tidak cerdas :D (junk food misalnya). Tapi jangan khawatir bagi kalian yang misalnya tidak suka atau malah alergi dengan makanan-makanan di atas, masih banyak cara untuk menjadi cerdas. Beberapa cara nantinya akan saya share kalau sempat :D
selamat berusaha menjadi orang cerdas :D